Minggu, 30 Oktober 2011

MANUSIA DAN CINTA KASIH

A.Makna Kasih Sayang
Dalam kamus umum Bahasa Indonesia,kasih sayang diartikan dengan perasaan sayang,perasaan cinta atau perasaan suka pada seseorang. Ada berbagai macam bentuk kasih sayang,bentuk itu sesuai dengan kondisi penyayang dan yang disayangi.
Dalam kehidupan berumah tangga,kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan. Kasih sayang ini merupakan pertumbuhan dari cinta. Hubungan percintaan bila diakhiri dengan perkawinan,maka dalam berumah tangga keluarga muda itu sifatnya  bukan lagi bercinta-cintaan,melainkan sudah bersifat kasih mengasihi.
Dalam kasih sayang ini sadar atau tidak dari masing-masing pihak dituntut tanggung jawab,pengorbanan,kejujuran,saling percaya,saling pengertian,saling terbuka,sehingga keduanya menjadi satu kesatuan yang utuh.
Jika salah satu unsur hilang,misalnya unsur tanggung jawab maka retaklah keutuhan hubungan itu. Kasih sayang yang tidak disertai kejujuran,maka akan terancam keutuhan dan kebahagiaan hubungan tersebut.
          B.Kasih Sayang dalam Keluarga
Zaman sekarang ini banyak orang merasakan bahwa kebahagiaan itu adalah suatu keadaan abstrak yang sulit dicapai. Sebenarnya masih banyak jalan untuk menemukan kebahagiaan. Memang seringkali manusia tidak dapat lolos dari kesulitan social dan ekonomi. Namun dengan membangun kasih sayang yang erat di dalam keluarga maka kita mempunyai suatu tempat yang damai dan teduh ditengah kemelutnya persoalan hidup.
Namun harus disayangkan bahwa kasih sayang sebagai norma atau nilai hidup yang luhur seringkali sudah ditinggalkan. Dan payahnya dalam masyarakat,bahkan di Indonesia terutama di kota-kota besar tampaknya bias menerima gaya kehidupan masa kini yang semakin luntur norma ikatan kasih sayangnya.
          C.Makna Kemesraan
Kemesraan pada dasarnya merupakan perwujudan kasih yang telah mendalam. Cinta yang berlanjut menimbulkan pengertian mesra atau kemesraan. Kemesraan adalah perwujudan cinta. Kemesraan dapat menimbulkan daya kreativitas manusia. Dengan kemesraan orang dapat menciptakan berbagai bentuk seni sesuai dengan kemampuan dan bakatnya.
Hubungan yang akrab dituangkan dalam bentuk seni,misalnya seni pahat,seni patung,seni lukis,seni sastra,dsb sesuai dengan bakatnya. Contoh tari kemesraan : GatotKaca Gandrung - Jawa tengah.
Dalam seni music,lagu kemesraan hampr tiap menit kita dengar melalui radio atau alat media elektronika yang lain. Contoh lagu kemesraan : Cinta – ciptaan Rinto Harahap.
Dapat disimpulkan bahwa kemesraan adalah hubungan akrab antara pria dan wanita atau suami dan istri. Kemesraan merupakan bagian hidup manusia. Dalam kehidupan manusia terdapat berbagai kasus kemesraan. Kemesraan dapat membangkitkan daya kreativitas manusia untuk menciptakan atau menikmati seni budaya,seni sastra,seni music,seni tari,seni lukis,dsb.
Dalam lukisan seni budaya itu mengandung nilai-nilai kehidupan,moral pelakunya,kebobrokan social,ketidakadilan,dsb.
          D.Makna Pemujaan
Pemujaan adalah perwujudan cinta manusia kepada Tuhan. Kecintaan manusia pada Tuhan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Hal ini,dikarenakan pemujaan kepada Tuhan adalah inti,nilai,dan makna kehidupan yang sebenarnya. Penyebab hal itu terjadi adalah karena Tuhan pencipta alam semesta.
Pemujaan kepada Tuhan adalah bagian dari hidup manusia,karena Tuhan yang menciptakan semesta termasuk manusia itu sendiri. Dan penciptaan semesta untuk manusia.
Cara pemujaan :
Dalam kehidupan manusia terdapat berbagai cara pemujaan sesuai agama,kepercayaan,kondisi,dan situasi. Pemujaan yang di rumah,di masjid,di gereja,di pura,di candi atau bahkan di tempat-tempat yang dianggap keramat merupakan perwujudan dari pemujaan kepada Tuhan.
Dapat disimpulkan bahwa pemujaan terhadap Tuhan pada hakikatnya merupakan manifestasi cinta kepada Tuhan. Cinta membangkitkan daya kreativitas. Penge rtian dasar kreativitas adalah mencipta,menemukan,berkarya,mencari bentuk-bentuk yang dapat mewujudkan hubungan yang misterius. Dalam mencari bentuk-bentuk ini pemujaan dapat berupa sembahyang sebagai media berkomunikasi,membangun tempat beribadah yang sebaik dan seindah mungkin,mencipta lagu,puisi novel,film,dsb.

SUMBER : Buku Ilmu Budaya Dasar karangan Drs.Joko Tri Prasetyo,dkk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar